Motiasi Sukses Islami

Oleh: Abu Adil

Shaleh dan Sukses adalah dua kata yang saling berkaitan. Jika ada keshalehan biasanya ada kesuksesan, demikian juga jika ada kesuksesan biasanya ada keshalihan.


Keinginan menjadi kaya raya bukanlah aib apalagi berdosa. Sebab dengan kelebhan hartanya, seorang muslim akan dapat beramal lebih banyak lagi. Yang terpenting adalah kita tidak boleh terikat dengan kekayaan duniawi tersebut sehingga melupakan akhirat.

Kunci Pertama:
The More You Give, The More You Get

Uang dan semangat adalah energi yang luar biasa. Dalam prespektif spiritualitas, kegiatan ini biasa diartikan sebagai kegiatan berbagi untuk sesama manusia demi kehidupan itu sendiri. Artinya memberi dengan tulus ikhlas tanpa pamrih apapun. Baik sekali bila tangan kiri memberi, tangan kanan tidak mengetahuinya.

Kunci Kedua:
Belajarlah dari Kehidupan

Jika kita setia pada hal-hal kecil, maka kita akan dipercaya akan hal-hal besar. Kadang kita selamat. Kadang kita tenggelam. Jika kita selamat, kita mempunyai tugas besar untuk menolong orang lain.

Kunci Ketiga:
Melepaskan Kelekatan

Jebakan duniawi adalah kenikmatan indrawi. Semakin kita melekat pada sesuatu, maka semakin pula kita tercekat atau terikat pada sesuatu tersebut. 

Banyak di antara kita telah menyaksikan suatu bukti kebenaran bahwa setiap orang yang ikhlas memberi berbagi an menolong sesamanya akan memperoleh imbalan berlipat ganda. Semakin banyak mengalirkan kebahagiaan pada orang lain, berarti anda telah membuka pipa-pipa yang mengalirkan kebahagiaan itu kembali ke dalam diri sendiri. Bila anda kembali ketakutan akan ketidakjelasan masa depan, mementingkan dan menyimpan kebahagiaan, menimbun uang dan segala sesuatu untuk diri sendiri, maka anda sesungguhnya telah membatasi aliran kebahagiaan. 

Kalau anda ingin meraih keberhasilan hidup, mendapatkan kebahagiaan sejati, lebih disayangi oleh banyak orang, lebih dihormati, meraih sukses dan kemuliaan hidup, serta menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, cara untuk mendapatkannya sangat sederhana yakni, mulailah dengan banyak memberi dan berbagi. Karenanya biasakan untuk senang memberi dan berbagi, seperti menginfaqkan sebagian harta, membagikan ilmu, senang menolong orang lain, memiliki sikap empati pada orang yang kesulitan atau apapun yang bisa membahagiakan orang lain. Segala sesuatu yang anda bagikan dan berikan itu akan kembali. Bahkan akan lengkap dengan bunganya yang berlipat ganda.

MAANFAATKAN KEYAKINAN UNTUK MERAIH IMPIAN

Keyakinan bisa dijadikan modal dasar untuk meraih impian. Karena keyakinan pula banyak orang yang tiba-tiba berubah lebih baik, sukses, berhasil dan bahagia. Perubahan itu bukanlah karena suatu kebetulan. Perubahan yang instant dan tanpa melakukan apa-apa. Melainkan perubahan yang dikarenakan suatu rangkaian tindakan sebelumnya dan dorongan keyakinan yang luar biasa.

KEKUATAN VISUALISASI

Saat manusia membayangkan (memvisualisasikan) sesuatu, maka otak akan memerintahkan secara reflektif pada bagian tubuh yang berhubungan dengan aktivitas untuk bereaksi. Otak akan memberikan cara pada bagian tubuh tentang bagaimana mencapai visualisasi itu. 

MINDSET ORANG-ORANG SUKSES

Orang sukses dan luar biasa adalah orang-orang yang selalu melihat sisi terang pada diri mereka dan sisibaik dari semua kejadian. Segala sesuatu niscaya menyiratkan hikmah. Agar menjadi orang sukses harus memiliki 4 karakter (CARE) sebagaimana dibawah ini:

- Commitment

Orang yang sukses dalam hidupnya selalu memiliki komitmen yang kuat dalam segala hal.

- Achievment (Pejuang)

Seorang yang berhasil dalam hidupnya senantiasa berjuang dalam meraih keberhasilan. Orang sukses selalu berjuang keras untuk mencapai apa yang dicita-citakan.

- Responsibility (bertanggungjawab)

Tanggung jawab merupakan kaidah pokok orang-orang besar.

- Enthuastic (Antusias) 

Orang besar dan orang sukses selalu memiliki antusiasme yang tinggi dalam melakukan pekerjaan. Bukan hanya sekedar mencintai pekerjaan tapi berusaha sebisa mungkin untuk mencapai hasil lebih dari biasanya. Motivasi untuk berprestasi sangat tinggi. Mereka senantiasa melakukan pekerjaan dengan penuh gairah.

SUKSES: BERPIKIR POSITIF

Sikap kita adalah cermin masa lampau. Pembicara kita di masa sekarang merupakan peramal bagi masa depan. Kondisi masa lalu, sekarang dan masa depan dapat tercermin dari bagaimana sikap kita sehari-hari. Sikap kita merupakan sahabat paling setia, namun juga musuh yang paling berbahaya. Sikap mental kita adalah sebuah pilihan; positif atau negatif.

Jika kita berpikir positif, pasti mampu menghasilkan sesuatu. Kita akan lebih banyak berkreasi dari pada bereaksi. Kehidupan dan kebahagiaan seseorang tidak bisa diukur dengan gelar kesarjanaan, kedudukan maupun latar belakang keluarga. Yang dilihat adalah bagaimana cara berpikir orang itu. Memang kesuksesan lebih banyak dipengaruhi bagaimana kita berpikir.

DAN DEMI WAKTU …

Betapa banyak orang yang mengeluh karena merasa tak pernah punya waktu sedangkan beberapa orang yang lain selalu mencari jalan untuk membunuh waktu!

Hidup adalah cakra-manggilingan. Waktu yang menggelinding tiada henti. Sebagai bagian ciptaan-Nya, waktu ternyata memiliki tabiatnya sendiri. Waktu terasa pendek karena tidak pernah cukup menyelesaikan tugas hidup. Waktu adalah modal kehidupan kita. Segala yang terjadi senantiasa terikat dengan waktu.


LorongBaca

Subscribe to receive free email updates: