Akreditasi, Akhirnya Selesai Juga

Senin, 19 september 2011 adalah hari yang istimewa bagi SMPIT Baitul Muslim. Setelah sekian tahun ditunggu, akhirnya Badan Akreditasi Sekolah Propinsi Lampung mengirim 2 orang accessor untuk menindaklanjuti permohonan yang telah dikirim beberapa waktu sebelumnya agar permohonan akreditasi dapat segera terwujud.


Sejak pagi hari, suasana langit sedikit murung. Awalnya titik-titik lembut gerimis yang sejuk terasa begitu menyegarkan. Upacara bendera yang rutin dilaksanakan setiap Senin pagi berjalan khidmat awalnya. Namun, ketika pembina upacara memulai untuk memberikan amanat, gerimis semakin giat menyapu debu di halaman sekolah.
Tak ayal, gumam peserta upacara yang terdengar samar, berubah riuh. Upacara tetap berlanjut. Hingga petugas menyelesaikan kegiatan upacara yang dihantarkan dalam dua bahasa yakni Indonesia dan Inggris, seluruh peserta tetap antusias walau pakaian yang dikenakan harus sedikit lembab.


Upacara usai. Seluruh siswa dan siswi telah berada di kelas masing-masing. Dari salah satu kelas, sesekali terdengar yel-yel penyemangat. Beberapa guru terlihat asik dengan persiapan akreditasi. Mereka menata map, mencetak dokumen, menata kursi tamu dan ada juga yang memastikan ruang kerjanya dalam kondisi siap jika sewaktu-waktu tim penilai menyambangi ruang kerjanya tersebut.


Beberapa menit kemudian, nampak mobil berwarna biru memasuki halaman sekolah yang cukup luas. Tim Accessor yang terdiri dari dua orang datang. Mereka adalah Bpk. Puguh Astoto dan Bpk. Bangun Gunadi. Setelah dipersilakan untuk memasuki ruang yang telah disediakan, acara pembukaan dimulai. Dalam sambutannya, Bpk. Puguh Astoto menyampaikan bahwa akreditasi adalah sarana yang baik untuk mengetahui sejauh mana sekolah telah memberikan layanan yang baik kepada siswa, guru, dan orangtua wali murid.


Satu demi satu pertanyaan diberikan oleh accessor kepada guru terutama Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. Sementara di meja yang lain beberapa guru juga dimintai dokumen pembelajaran yang mereka gunakan. Nampak ada sedikit air muka yang tegang di wajah guru-guru terutama ibu-ibu. Maklum, karena mereka ditunjuk secara random, selain itu juga disuguhi beberapa pertanyaan yang jawabannya harus dibuktikan dengan data. Tentu mereka semakin kalut ketika dokumen yang hendak diserahkan ke tim tiba-tiba  nyelip. Yang patut disyukuri adalah karakter tim penilai yang sedikit humoris jadi ketika melihat mimik guru sedikit bingung, ia langsung memberi joke yang renyah.


Selain dokumen-dokumen, arsip serta laporan yang bersifat administratif, tim juga langsung meninjau beberapa fasilitas sekolah seperti ruang OSIS, perpustakaan, laboratorium, toilet, ruang UKS, ruang Bimbingan Konseling, ruang Kepsek, gudang dan beberapa sarana sekolah lainnya. 


Usai melaksanakan sholat dhuhur, tim juga meninjau asrama yang sampai saat ini terus melakukan penambahan sarana. Dalam waktu dekat, asrama putra akan memiliki aula yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seperti muhadharah, rapat, diskusi, menonton dan lain sebagainya.


Menjelang shalat asar, tim telah mempunyai seluruh data yang mereka butuhkan yang kemudian akan mereka rekap. Tidak hanya para guru yang nampak letih, mereka juga nampak jauh kelihatan dalam kepayahan. Sebelum acara ditutup, terdapat beberapa masukan yang disampaikan oleh tim kepada sekolah diantara adalah memfungsikan tim supervisi sehingga kinerja sekolah dapat terus terpantau, sarana yang harus terus ditingkatkan sesuai standar, kurikulum yang dieksplorasi, dan dokumentasi kegiatan.


Bpk. Hi. OA Rukmana selaku Komite Sekolah mengucapkan terima kasih kepada tim yang telah melakukan visitasi ke SMPIT Baitul  Muslim. Ia berjanji akan menyampaikan seluruh masukan kepada pihak yayasan, terutama pengembangan sekolah dalam hal fisik.


Akreditasi usai. Banyak pelajaran yang kita peroleh. Optimisme dari accessor saat berkunjung dan melihat secara langsung kultur sekolah adalah modal kita untuk lebih meningkatkan lagi kwalitas dari semua sisi. Tenaga pengajar yang relatif masih muda, dukungan dari yayasan serta orangtua sangat memungkinkah SMP IT Baitul Muslim 

Subscribe to receive free email updates: