PERKEMAHAN WILAYAH I PRAMUKA SIT LAMPUNG


I. Pendahuluan

Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar. (QS. An-Nisa’: 9)

Pembangunan dan pembaharuan bangsa, memerlukan peran generasi muda yang  kuat dan memiliki potensi dalam rangka persiapan tongkat estafet perjuangan di masa depan. Generasi muda akan menjadi potensi sumber daya yang luar biasa jika diberdayakan sehingga mampu berperan optimal dan dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan. Sebaliknya generasi muda akan menjadi beban masyarakat ketika tidak dibina dan diberdayakan sehingga lebih mengarah pada perilaku-perilaku negatif. Hal inilah yang akan menghancurkan dan merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa di masa yang akan datang.

Akses informasi yang cenderung bebas baik dari media elektronik maupun media massa memberikan dampak yang negatif bagi perilaku dan karakter generasi muda. Secara bertubi-tubi generasi bangsa ini dijejali informasi, tayangan, gambar, film, mail, diskotik, internet, televisi dan sebagainya yang sebagian besar memberikan pengaruh negatif bagi perkembangan sikap, perilaku, karakter generasi muda.

Karena itulah diperlukan wadah bagi pembinaan generasi muda, salah satunya adala melalui Gerakan Pramuka. Namun demikian seiring perkembangan waktu, Gerakan Pramuka memiliki sedikit kemunduran pada akhir tahun sembilan puluhan akibat kurangnya pengawasan secara komprehensif pada kegiatan di lapangan, seperti penyimpangan pada kegiatan perkemahan yaitu system satuan terpisah yang sering dilanggar oleh peserta didik. Pramuka sempat mengalami masa krisis dan hampir tak nampak lagi gaung kegiatannya, kalaupun ada hanya sebatas cerita masa lalu yang tampak begitu heroik, bahkan kebanggaan sebagai pramuka sampai luntur dikalangan peserta didik.
Pada saat itulah Pramuka Sekolah Islam Terpadu hadir memberikan pencerahan sebagai sumbangsih bagi perbaikan dan penyelamatan generasi muda dengan warna dan corak baru yang menjadi kebanggaan tersendiri. Pramuka SIT memadukan kekuatan rohani, jasmani dan pola pikir serta paradigma berpikir yang optimis yang mengajak pada kesuksesan menjawab tantangan zaman. Pramuka SIT berupaya merangkum pada setiap aspek pendidikan kedalam sebuah kegiatan yang terprogram, terencana dan terarah. Cakupan keseluruhan aspek tersebut dalam rangka mencetak generasi muda yang tumbuh menjadi manusia paripurna yang akan ikut serta dalam memimpin bangsa ini kepada perubahan yang lebih baik agar dapat membawa bangsa ini kepada kejayaan.
Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan karakter generasi muda memiliki cara dan ciri khas tersendiri dalam kegiatannya. Salah satu di antaranya adalah dengan kegiatan perkemahan. Selain sebagai pembinaan diri, perkemahan dapat menumbuhkan sikap kemandirian pada peserta didik, menjalin persahabatan, empati, persaudaraan, menambah wawasan dan uji keterampilan. Perkemahan yang diadakanpun bermacam-macam sesuai usia peserta didik, dan berjenjang sesuai tingkatannya, mulai dari cabang, daerah hingga tingkat nasional.

Perkemahan tingkat wilayah Lampung yang akan diadakan sebagai bukti geliat Gerakan Pramuka setelah lebih dari sewindu tenggelam dalam kegamangan. Generasi muda seolah hilang jati dirinya, kebanggaannya terhadap pramuka mulai berkurang, bahkan banyak dari mereka yang tidak mengenal apa itu pramuka. Padahall wadah itu akan menjadi salah satu pilar penyelamat bagi generasi muda. Mereka lebih bangga pada kegiatan hura-hura yang tidak memberikan manfaat sedikitpun. Pada saat pramuka dipandang sebelah mata, Pramuka SIT hadir memberikan warna baru dan menggelorakan semangat bagi Gerakan Pramuka agar tetap berjaya.

Sejak bergabungnya Pandu Sekolah Islam Terpadu ke dalam Gerakan Pramuka, pernah mengadakan Perkemahan Tingkat Nasional tahun 2008. Selain sebagai bukti penggabungan pandu menjadi pramuka, juga sebagai sumbangsih Pramuka Sekolah Islam Terpadu bagi bangsa dan negara melalui pembinaan karakter generasi muda. Perkemahan nasional adalah wadah silaturrahim bagi Gerakan Pramuka khususnya Pramuka SIT. Ajang itulah yang selalu dinantikan kehadirannya sebagai kegiatan  terbesar Sekolah Islam Terpadu di wilayah lampung.

Berkenaan dengan hal itulah Pramuka SIT Lampung bermaksud mengadakan kegiatan perkemahan wilayah I sebagai pelaksanaan amanah musyawarah kerja nasional Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia juga sebagai konsekuensi atas penggabungan Pandu SIT ke dalam wadah Gerakan Pramuka Indonesia. Akhirnya kita semua berharap semoga Pramuka SIT tetap konsisten melaksanakan perannya dalam membangun peradaban umat manusia dengan kegiatan-kegiatan yang bernialai positif demi membangun karakter generasi muda agar dapat turut serta memperbaiki kondisi bangsa, juga tetap komitmen menjaga kode kehormatan dan memegang teguh amanah satya dan darma, sesuai dengan temanya “Satu Hati Bersama Pramuka SIT Membangun Sai Bumi Ruwa Jurai”

II. Tujuan Kegiatan

2.1 Mengembangkan pribadi yang tangguh, mandiri, peduli dan bertanggung jawab.
2.2 Membangun jiwa cinta terhadap bangsa dan tanah air.
2.3 Menumbuhkan rasa persaudaraan sejati dan persatuan bangsa.
2.4 Memberikan wadah bagi generasi muda khususnya yang tergabung dalam Gerakan Pramuka SIT untuk berkreasi bagi pengembangan diri dan menambah wawasan kepramukaan.
2.5 Membangun karakter mulia bagi generasi muda agar meliki peran dalam membangun negara.

III. Landasan Kegiatan

3.1 QS. Ali Imran: 103
3.2 Undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka
3.3 SK. Kwarnas nomor: 086 tahun 2005 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
3.4 SK. JSIT tahun 2008 tentang deklarasi penggabungan Pandu SIT ke dalam Gerakan Pramuka

IV. Sasaran

4.1 Terbentuknya Pramuka SIT sebagai satuan komunitas Gerakan Pramuka Indonesia
4.2 Konsolidasi Pramuka SIT di seluruh Lampung

V. Nama Kegiatan

Kegiatan ini bernama “Perkemahan Wilayah (KEMWIL) I Lampung”

VI. Tema Kegiatan

Satu hati bersama Pramuka SIT Membangun Sai Bumi Ruwa Jurai

VII. Tempat

Bumi Perkemahan Plang Ijo Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur

VIII. Waktu Pelaksanaan

20-23 Desember 2012

IX. Kepesertaan

Peserta Penggalang       : 600
Pembina Pendamping    : 100
Tamu Undangan            : 50
Visitor                           : 50

X. Bentuk Kegiatan

Perkemahan

Subscribe to receive free email updates: