Ini Dia 5 Tips Keramas yang Tepat

Keramas atau mencuci rambut menggunakan sampo adalah rutinitas yang dilakukan setiap orang. Ada yang melakukannya setiap hari, ada pula yang hanya melakukan sekali dalam beberapa hari.

Hanya karena menggunakan sampo adalah telah dilakukan sejak bertahun-tahun lalu, bukan berarti Anda melakukannya dengan tepat. Menurut banyak ahli kesehatan rambut, hingga saat ini orang-orang masih mencuci rambut dengan cara yang salah. Hal ini mungkin disebabkan iklan produk sampo yang seringkali membuat orang bingung.

Untuk itu, berikut lima tips cara keramas yang tepat dilansir dari Huffingtonpost:

1. Pastikan Anda membasahi rambut dengan rata sebelum mengaplikasikan sampo. Selain itu, saat membilas pun Anda harus memastikan membilas sampo hingga benar-benar bersih dari kulit kepala sampai ujung rambut agar tidak menyebabkan ketombe.

2. Hindari menggulung rambut Anda atau mengangkat rambut hingga ke atas kepala saat keramas. Hal ini dapat menyebabkan rambut kusut, sulit disisir hingga rontok.

3. Saat keramas, perlakukan rambut Anda dengan lembut. Gunakan jari tangan untuk memijat kulit kepala secara perlahan.

4. Anda tidak perlu mengaplikasikan sampo dan membilas secara berulang. Cukup satu kali menggunakan sampo dan bilas hingga bersih. Hal ini karena sampo bersifat membersihkan rambut hingga kesat. Jika dilakukan berulang kali maka dapat menyebabkan rambut kering.

5. Keramas setiap hari juga mampu mengakibatkan rambut menjadi kering. Banyak produk sampo yang terbuat dari zat kimia keras sehingga mampu menghilangkan kelembaban rambut. Untuk itu gunakan conditioner setiap habis keramas. Sebenarnya para ahli menyarankan untuk keramas 2-3 kali dalam seminggu untuk mempertahankan minyak yang diproduksi di kulit kepala Anda yang ternyata menyehatkan rambut.

Sumber: viva.co.id

Subscribe to receive free email updates: