Wednesday, 31 December 2014

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah organ yang sangat penting pada tubuh kita. Melalu mata, kita bisa menikmati anek ciptaan Allah yang luar biasa. Sebab itu, sudah kewajiban kita untuk menjaga kesehatan mata dengan sebaik-baiknya.

Banyak sekali penyakit mata yang dapat menyerang mata kita sewaktu-waktu. Terutama bagi yang sering membaca buku, bermain game di komputer, atau terlalu sering menonton televise dalam jarak pandang yang dekat.

Namun, sebenarnya semua itu bisa dihindari kalau kita tahu bagaimana menjaga kesehatan mata kita. Berikut ini ada tips untuk menjaga mata kita agar tetap sehat.

Jaga Jarak Pandang
Jaga jarak pandang ketika sedang berada dilayar komputer maupun TV. Jarak pandang yang ideal sekitar 50-100cm. Seperti juga halnya ketika sedang membaca buku. Jarak yang ideal ketika membaca buku sekitar 30 cm. Salah satu manfaatnya agar mata tidak cepat lelah dan terhindar dari miopi atau rabun dekat.

Hindari Kebiasaan Mengucek Mata
Biasakan untuk tidak reflek mengucek mata saat mata gatal. Karena pada waktu kita mengucek mata, kuman dari tangan dapat dengan mudah berpindah ke mata.

Istirahatkan Mata
Jangan paksakan mata untuk berlama-lama membaca buku atau berada di depan layar komputer. Isitirahatkan mata selama beberapa menit. Baru kemudian melanjutkan aktivitas membaca atau yang lainnya.

Perbanyak Konsumsi Vitamin A
Salah satu contoh makanan yang kaya akan vitamin A adalah wortel. Mengkonsumsi wortel mentah atau jus wortel dalam diet kita dapat menambah asupan vitamin A untuk tubuh.

Pakai Pelindung Mata
Cobalah untuk memakai pelindung mata dalam berbagai kegiatan aktivitas seperti saat berkendara, olahraga, dan sebagainya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga untuk menghindari terjadinya cedera mata dan terhindar dari debu.

Periksa Mata
Biasakan untuk cek kesehatan mata secara berkala. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi mata. Sama seperti tubuh yang perlu general cek up, mata pun demikian.

Berhenti Merokok
Merokok merupakan salah satu aktivitas intake radikal bebeas kedalam tubuh. Bagi anda yang perokok, usahakan agar menghentikan kebiasaan merokok mulai sekarang.

Contact

Address:

Jl. Batin Kyai, Labuhan Ratu Satu, Way Jepara, Lampung Timur 34196

Work Time:

Monday - Friday from 7am to 4pm and Saturday from 7am to 11am

Phone:

0852 6700 5252