FILOSOFI TEKO


TEKO adalah benda yang dekat dengan kehidupan kita.Jika sebuah teko mengeluarkan air dan dituangkan di cangkir-cangkir,maka manusia mengeluarkan apa yang terdapat dalam dirinya dengan perbuatan,tulisan maupun ucapan.

AKAL kita tak ubahnya seperti air di dalam teko,ketika akal kita kotor maka apa yang dikerjakan oleh tutur kata,perbuatan,kebiasaan,sifat dan karakter maka akan kotor juga. Ketika teko berisi susu maka yamg dituangkan keluarlah susu,jika teko itu isinya air kotor,maka yang keluar juga air kotor.

Jangan jadikan ilmu yang kita miliki terus mengendap dalam diri kita.sebagaimana kita membiarkan air dalam teko terus mengendap yang akibatnya menimbulkan lumut dan bibit penyakit.

Filosofi Teko adalah selalu memberi,tidak pernah meminta, ibarat tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah.

Pekerjaan memberi,berbagi seperti sebuah TEKO adalah kenikmatan.
Dan diantara akibat-akibat memberi, ALLAH akan mengganti dengan yang lebih baik.

"Amal kebaikan akan melahirkan kebaikan-kebaikan yang baru, sementara amal keburukan akan melahirkan keburukan-keburukan yang baru pula.'' (Ibnu Katsir)

"Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan ALLAH adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir,pada tiap-tiap bulir ada seratus biji.ALLAH akan melipat gandakan ganjaran bagi siapa saja yang dikehendaki.Dan ALLAH Maha Luas karuniaNYA lagi Maha Mengetahui" ( QS Al Baqarah:261)

RABU yang menggebu...

Terus memberi setiap waktu...

MEMBERI adalah seni menghidupkan kehidupan.Membangun kehidupan bagi orang-orang hidup. Memberi adalah kerja aqidah yang berumur panjang.

PRACTISE MAKES PERFECT
Latihan akan melahirkan kesempurnaan....

Berbagi kebaikan lahir dari kebiasaan-kebiasaan,latihan yang kontinyu.Mulailah dari sekarang belajar memberi seperti TEKO, In syaa ALLAH di kemudian hari akan menjadi kebaikan yang besar yang akan memuliakan pelakunya. ALLAH tidak pernah menutup mata dari sekecil apapun kebaikan yang dilakukan hambaNYA.

Semoga ALLAH memudahkan kita menjadi jiwa pemberi semata menggapai ridhoNYA,Aamiin

Barakallahu fiikum,-

Oleh: Amelia/DR
posted from Bloggeroid

Subscribe to receive free email updates: