Tuesday, 26 May 2015

Menangis Mampu Menghapus Racun dalam Tubuh

Banyak yang beranggapan kalau menangis adalah satu hal yang memalukan. Tapi nyatanya, menangis memiliki dampak positif, baik dari segi psikologis maupun kesehatan manusia.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr William H. Frey II, PhD, pakar ilmu saraf dan peneliti tentang air mata menunjukkan, 85 persen wanita dan 73 persen pria merasa kesedihan dan amarahnya berkurang setelah menangis. Frey mengatakan, menangis bukan hanya respon manusia terhadap kesedihan atau frustrasi, melainkan salah satu hal yang menyehatkan. Berikut adalah lima fakta menyehatkan ketika menangis seperti dikutip agingcare.com.

1. Menangis meredakan stres

via rebloggy.com

Stres yang terpendam dapat memicu risiko terkena serangan jantung dan merusak bagian tertentu otak manusia. Menurut Frey, menangis dapat mengurangi risiko penyakit tersebut.

2. Menangis menurunkan tekanan darah

via thecolleyhouse.org

Normalnya durasi manusia saat menangis adalah enam menit. Dari hasil penelitian yang dilakukan, menangis terbukti mampu menurunkan tekanan darah, denyut nadi, dan tubuh seperti mendapat efek terapi ketika menangis.

3. Air mata mampu menghapus racun

via nymag.com

Frey mengatakan, bahwa air mata benar-benar dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Menurut dia, bahan kimia yang terbentuk selama stres bisa dikeluarkan melalui air mata.

4. Menangis mengurangi mangan

via feminspire.com

Menangis juga diketahui mampu mengurangi kadar mangan dalam tubuh manusia. Mangan adalah mineral yang bisa mempengaruhi suasana hati seseorang. Penelitian menemukan, bahwa kandungan mangan 30 kali lebih tinggi terdapat dalam air mata dibanding serum darah.

5. Menangis adalah manusiawi

via stylespalace.com

Dari sekian banyak jenis mamalia yang ada di bumi, hanya manusia yang mengeluarkan air mata sebagai respon stres emosional atau kesedihan. Ekspresi emosional menunjukkan bahwa manusia memiliki perasaan untuk berempati.

Sumber: feed.id


Contact

Address:

Jl. Batin Kyai, Labuhan Ratu Satu, Way Jepara, Lampung Timur 34196

Work Time:

Monday - Friday from 7am to 4pm and Saturday from 7am to 11am

Phone:

0852 6700 5252