3 Anaknya Semua Hafal Quran, Seperti Ini Cara Ibunya Mendidik



SMPITBAITULMUSLIM.COM - Pembaca tentunya masih ingat dengan kisah pasangan suami istri asal Bandung dengan putra-putrinya yang membanggakan sebab semua hafal Alquran. Sampai akhirnya kisah perjalanan dan rahasianya dituangkan dalam buku 10 Bersaudara Bintang Alquran.

Kini kisah keluarga yang memiliki putra-putri hafiz quran kembali terulang. Di Lampung terdapat sepasang suami istri, mereka dikaruniai anak yang shalih dan shalihah. Lebih membahagiakannya lagi, ada 3 anak-anaknya yang sudah hafiz alquran 30 juz. Sedangkan beberapa anak yang lain pun tengah merintis untuk menjadi hafiz 30 juz. Siapakah pasutri tersebut?

Adalah Neny Suswati, seorang ibu rumah tangga dan juga seorang blogger asal Bandar Lampung. Bersama dengan suaminya, Rosyidin keduanya telah mencetak generasi muda Islam yang unggul, yaitu menjadi Hafiz Quran. Wajar sekali bila pasutri berbahagia, sebab kita tahu betapa besar pahalanya bagi setiap orang yang bisa menjadi penghafal Alquran.

Diawali dengan prestasi anaknya yang bernama M. Hilmy Aziz, anak sulung pasangan Neny dan Rosyidin ini sudah menjadi hafiz Quran sejak menyelesaikan pendidikan SMP-nya. Kemudian disusul oleh anak kedua mereka, M. Hatif Ash Shiddiq yang juga mampu menjadi seorang penghafal Alquran saat duduk di bangku kelas 2 SMP, kemudian anaknya yang ketiga, Maritsa Hany Aulia pun menjadi muslimah yang hafiz quran semenjak kelas 3 SMP.

Dalam sebuah kesempatan wawancara, Neny mengungkapkan, "Allah memuliakan orang yang mampu menjaga alquran (hafiz). Hidupnya akan diberi kemudahan oleh Allah. Dan yang lebih penting, hafal quran adalah prestasi dunia akhirat, secara duniawi bisa terukur serta kelak akan mendapatkan ganjaran pahala di sisi Allah Swt."

Selain sibuk dengan urusan beberapa organisasi dan mengajar, Neny pun menyempatkan diri menjadi penulis. Tulisannya berisi pengalaman berumah tangga yang ditulisnya menjadi semacam tips kehidupan. Ibu yang sudah aktif dakwah sejak masa kuliah ini mengaku kalau artikel yang ditayangkan di blognya hanyalah tulisan-tulisan ringan saja. "Yang penting bermanfaat. Saya menulis tentang tips keluarga sakinah mawaddah warahmah dan tips menjadi orangtua penghafal Alquran," ujar ibu kelahiran 18 Oktober 1965 ini.

Menurut Neny dirinya tidak membuat sebuah langkah yang terbilang luar biasa, tips mencetak generasi unggulan yang hafiz quran yaitu dengan cara sederhana; selain terus memotivasi anak-anaknya ia juga menyesuaikan motivasi sesuai dengan usia anak-anaknya.

Neny bersama dengan suami sering mencamkan pada anak-anaknya agar ingat dengan pahala membaca Alquran. Di saat anak-anaknya mengeluh setiap menjumpai kesulitan pada proses menghafal, Neny memotivasinya dengan mengingatkan, "Bukankah Allah Swt. akan senantiasa membalas pahala dari setiap huruf yang dibaca?"

Di akhir perbincangan alumnus FKIP MIPA Universitas Lampung ini menjelaskan bahwa, "Metode menghafal Quran kini telah berkembang dengan pesat. Sudah banyak metode yang bisa membantu hafal dengan cepat. Justru yang sulit itu menjaga hafalan alquran itu sendiri."

"Pasalnya, dibutuhkan mental dan konsistensi yang tinggi dan lebih berat lagi pada ujian dalam mengamalkannya," pungkas Neny saat diwawancarai.

Neny sekeluarga tinggal di Lampung, tepatnya di Jalan Pramuka, Perum Ragom Gawi Permai 1 Blok E1 18, Kemiling Permai, Kemiling, Bandar Lampung.

Sumber: www.alquran-syaamil.com


Subscribe to receive free email updates: