Australia Tetapkan 1 Syawal 1436 H Jatuh Pada Jum'at, 17 Juli 2015


smpitbaitulmuslim.com – Dewan Imam negara bagian Victoria, Australia, mengumumkan jatuhnya 1 Syawal 1436 untuk adalah pada hari Jumat 17 Juli 2015. Pengumuman ini dikeluarkan pada Selasa sore (14/7) waktu Melbourne, melalui jejaring sosial, seperti Facebook. Dalam pernyataan tersebut disebutkan bulan baru diharapkan terlihat pada hari Kamis (16/7/2015) sekitar pukul 11:24 pagi waktu Australia Timur (AEST), karenanya hilal akan terlihat pada Kamis sekitar pukul 5:05 sore AEST.

Hilal ini diharapkan dapat bertahan sekitar 19 menit sebelum bulan tenggelam pada pukul 05:24 sore AEST. Hingga saat ini baru Dewan Islam di Australia Selatan yang juga menyatakan jatuhnya Idul Fitri pada hari Jumat.

Tetapi seperti tahun-tahun sebelumnya, jarang terjadi perbedaan dalam penentuan Hari Raya Idul Fitri di tiap-tiap negara bagian. Dewan Imam negara bagian Victoria adalah bagian yang sama dengan Dewan Imam Nasional Australia.

Sementara itu sejumlah masjid-masjid di Melbourne telah menyatakan kesiapannya untuk menggelar shalat Ied, yang dimulai pada pukul 08:00 pagi. Idul Fitri di Australia bukan hari libur nasional, sehingga umat Muslim yang tidak mengambil cuti biasanya tetap bekerja, yang biasanya dimulai pukul 09:00 pagi. []


Subscribe to receive free email updates: