Imam Cilik ini Pimpin Shalat Tarawih di Masjid Darussalam

SMPITBAITULMUSLIM.COM - Pada malam Ramadhan ke-17 tepatnya malam Sabtu, ada yang menarik perhatian jamaah masjid Darussalam Kota Wisata yang berada di Jl. Boulevard Utama No. 1 Kota Wisata, Gunung Putri, Bogor-Jawa Barat. Pasalnya, pada malam-malam sebelumnya, imam yang memimpin shalat tarawih adalah orang dewasa, dan pada malam itu dipimpin oleh imam cilik.

Imam itu bernama Alfan Farih, seorang remaja yang berhasil menghafal 20 juz Al-Qur`an dalam waktu kurang dari satu tahun. Alfan, panggilannya, membaca Surat Al-Mulk dan Al-Qalam dengan lancar dalam delapan rakaat shalat Tarawih. Di samping lancar, Alfan juga membaca kedua surat itu dengan langgam yang enak didengar dan tajwid yang benar.

Ketika ditanya Fimadani siapa gurunya, Alfan menjawab, “Ustadz Nurul Anwar,” katanya sambil malu-malu.

Pada malam tersebut, Alfan yang tengah menempuh pendidikan di kelas 2 SMP (kelas VIII) memang sengaja diajak oleh Ustadz Nurul Anwar untuk menjadi imam di masjid Darussalam.

Menurut Ustadz Nurul Anwar, Alfan sudah biasa menjadi imam di beberapa masjid. “Ini salah satu cara untuk memotivasi masyarakat untuk menghafal Al-Qur`an,” ujar ustadz yang membina Rumah Quran Mulia Cileungsi itu.

Pada bulan Ramadhan 1436 H ini, masjid Darussalam telah mengadakan beberapa lomba keagamaan yaitu Lomba Dai Cilik, Musabaqah Khutbah Jum’at dan Musabaqah Hifzhil Quran 3 juz dan 10 juz. Di samping itu, ada Daurah Hifzhil Quran dan Pesantren Ramadhan Darussalam.

Pada 10 malam terakhir Ramadhan, masjid yang berada di kawasan elite itu juga akan menyelenggarakan kegiatan I’tikaf.



Posted by @wawanwafi

Subscribe to receive free email updates: