MOS SMPIT Baitul Muslim, Momentum Pembekalan Siswa Menuntut Ilmu

Way Jepara - Di media sosial banyak kita temui kecaman terhadap pelaksanaan MOS di sekolah-sekolah pada umumnya, karena sering ditemui kegiatan MOS yang tidak berjalan sebagaimana tujuan awalnya yaitu mengenalkan lingkungan sekolah dan memberi bekal pokok bagi siswa dalam menuntut ilmu di sekolah tersebut. Sehingga kesan yang terbentuk di masyarakat, MOS kerap kali diwarnai dengan perploncoan oleh kakak kelas.

Namun hal negatif tersebut tidak berlaku di SMP Islam Terpadu Baitul Muslim yang beralamat di Jl. Batin Kyai No. 99 Desa Labuhan Ratu Satu Kecamatan Way Jepara. Sekolah ini menggunakan momentum MOS untuk memberikan bekal pokok bagi siswa baru yang akan menuntut ilmu selama tiga tahun kedepan. Kesan perploncoan yang sering terjadi terbantahkan, pasalnya secara turun-temurun semenjak sekolah ini didirikan 2006 lalu, para dewan guru menanamkan kepada kakak kelas dan siswa baru ukhuwah islamiyah yang kuat. Sehingga sang kakak merasa berkewajiban untuk mendampingi dan mengajarkan hal-hal yang diperlukan kepada adik kelasnya. Begitu juga sebaliknya, siswa baru membalas kasih sayang kakak kelasnya dengan bentuk penghormatan.

Kegiatan yang dipersiapkan juga tidak hanya sekedar hura-hura, akan tetapi siswa diajarkan untuk mulai terbiasa dengan kegiatan-kegiatan yang baik. Pagi hari mereka memulai aktifitas dengan membaca dzikir bersama dan shalat dhuha. Setelah itu para siswa/i yang berasal dari berbagai daerah di Lampung dan luar Lampung ini mendapat materi-materi yang disampaikan oleh dewan guru diantaranya: Adab menuntut ilmu, tahsin al Qur'an, teknik menghafal al Qur'an, keajaiban al Quran, urgensi tarbiyah, sosialisasi tata tertib sekolah dan sebagainya.

Adapun kegiatan MOS ini dimulai hari ini, Senin, 27/07/2015 dan akan berlangsung hingga empat hari kedepan.

"MOS di SMPIT Baitul Muslim disiapkan sebagai stimulus untuk peserta didik baru yang akan menuntut ilmu di sekolah kita. Sehingga mereka mempunyai kesiapan dan pemahaman yang baik." Tutur Adi Hermanto, sekretaris panitia MOS.[]


Subscribe to receive free email updates: