Training Motivasi: Kedekatan Siswa dan Orang Tua Sebagai Energi Hadapi UN

Lampung Timur - Ujian Nasional merupakan momok paling menakutkan bagi beberapa pelajar di Indonesia. Berbagai persiapan dilakukan agar lulus UN dengan hasil memuaskan. Mulai dari latihan mengerjakan soal-soal UN, bimbingan belajar, membaca buku-buku trik menghadapi UN dan lain sebagainya.

Dalam rangka menyongsong Ujian Nasional, SMPIT Baitul Muslim mengadakan Training Motivasi yang diisi oleh seorang trainer yang sudah tidak asing lagi di kalangan pelajar dan mahasiswa. Beliau adalah Supriono atau lebih akrab dipanggil Kak Rio. Tema yang diusung dalam training motivasi kali ini adalah "Dukung Kami Menjadi yang Terhebat, Agar UN 2016 Bukan Lagi Masalah Berat". Dalam traningnya, Kak Rio berpesan kepada para orang tua untuk selalu mengambil peran penting di setiap tahap perjuangan anak-anak dalam meniti tangga kesuksesan.

"Peran dan dukungan orang tua sangatlah penting dalam mensupport kesiapan mental siswa dan siswi kita. Karena kedekatan anak dengan orang tua secara tidak langsung akan memberikan energi positif yang dapat memicu semangat anak dalam belajar," papar Indra selaku ketua pelaksana Training Motivasi.

Di akhir acara, suasana haru dan uraian air mata mengalir di setiap sudut ruang aula tempat diadakannya training tersebut. Siswa dan siswi diminta untuk menuliskan sepucuk surat untuk orang tua mereka yang dibacakan langsung hingga berakhir dengan saling bersimpuh dan berpelukan dengan orang tua masing-masing.

"Saya sangat mengapresiasi acara seperti ini. Membangkitkan lagi kedekatan anak dengan orang tua yang mungkin selama ini kurang terasa," tutur salah seorang wali murid.[]

Subscribe to receive free email updates: