Tentang Kami

MUQADDIMAH



Tugas penting sekolah yang harus diperankan pada kondisi bangsa yang dilanda krisis multi dimensi ini adalah membentuk sumberdaya manusia yang berkualitas untuk mewujudkan kepemimpinan masa depan yang kuat. Pencapaian tugas ini sangat ditentukan oleh efektifitas penyelenggaraan dan pengelolaan sekolah sebagaimana pesan Allah SWT, “… Dan tolong-menolonglah kalian dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa …” (Al-Qur’an: Al-Maaidah ayat 2).


Oleh karena itu meningkatkan kualitas sekolah merupakan salah satu komitmen penting para aktivis pendidikan dalam kaitannya dengan kepedulian peningkatan kualitas sumberdaya manusia masa depan. Segala faktor yang mendukung untuk terciptanya efektifitas tersebut menjadi tuntutan yang mesti diadakan, dan itu semua menuntut perhatian dan keterlibatan seluruh pihak dari setiap elemen masyarakat ini.


Wujud penyelenggaraan dan pengelolaan sekolah yang berkualitas adalah menciptakan kerjasama yang efektif antar sekolah-sekolah yang memiliki visi, misi, dan cita-cita yang sama. Melalui kerjasama inilah program-program strategis pemberdayaan institusi sekolah dapat terlaksana. Juga diharapkan dengan ini akan terjadi sinergi di antara sekolah-sekolah yang terlibat yang pada gilirannya melahirkan kreatifitas pemberdayaan sekolah secara berkelanjutan.


Di sisi lain, kerjasama efektif antara Sekolah-sekolah Islam Terpadu ini diharapkan juga dapat menjalankan peran untuk mempengaruhi kebijakan pendidikan nasional demi kemaslahatan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas. Forum atau organisasi yang akan memungkinkan terjadinya kerjasama antara sekolah-sekolah tersebut menjadi tuntutan yang tak terelakkan, dan dengan ini Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia (JSIT INDONESIA) diharapkan dapat merealisasikan tujuan dan cita-cita tersebut.


Dengan harapan sebagaimana tersebut di atas itulah, maka dengan Rahmat Allah SWT Sekolah-sekolah Islam Terpadu di seluruh wilayah Indonesia berhimpun dalam wadah organisasi Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia (JSIT INDONESIA) dengan berpedoman pada Anggaran Dasar sebagai berikut:


NAMA, KEDUDUKAN, WAKTU


Nama


Organisasi ini bernama “Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia” dan disingkat “JSIT INDONESIA”.


Kedudukan


JSIT INDONESIA berkedudukan di Jakarta dan sekitarnya serta dapat mendirikan cabang-cabangnya di seluruh Indonesia.


Waktu


1.JSIT INDONESIA didirikan pada tanggal 31 Juli 2003 bertepatan dengan 2 Jumadil Akhir 1424 H di Yogyakarta.

2.JSIT INDONESIA menyelenggarakan kegiatan untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.


SEKILAS TENTANG SMP ISLAM TERPADU BAITUL MUSLIM


SMP Islam Terpadu Baitul Muslim adalah salah satu sekolah yang tergabung dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia. Berdiri tahun 2006, dan hingga kini terus berkomitmen melahirkan lulusan yang berkualitas baik secara akhlaq maupun akademis.


SMP Islam Terpadu Baitul Muslim dipimpin oleh Fitri Nurul Hidayati, S.Pd dibawah naungan Yayasan Pendidikan Baitul Muslim. Sekolah ini berlokasi di Jl. Batin Kyai Labuhan Ratu Satu Way Jepara Lampung Timur.


VISI:


“TERWUJUDNYA LEMBAGA PENDIDIKAN YANG PROFESIONAL UNTUK  MENYIAPKAN GENERASI QUR’ANI YANG TAQWA, CERDAS, TRAMPIL, MANDIRI DAN BERKEPRIBADIAN ISLAMI”


MISI:


Menyiapkan generasi islam yang mampu membaca Al Qur’an dengan tahsin yang benar dan memiliki hafalan minimal 2 Juz.

Memadukan nilai-nilai islam dalam semua kegiatan  akademis dan non akademis.

Menerapkan setrategi pembelajaran aktif,inofatif,kreatif,menyenangkan dan islami.

mewujudkan program ekstrakurikuler yang terprogram dan terukur sehingga mendukung pencapaia prestasi siswa di bidang akademis dan non akademis.

Membangun karakter islam melalui proses keteladanan ,pembiasaan  dan pendampingan siswa.

Memberikan pelayanan dengan baik



PROGRAM UNGGULAN


1. Tahfizh Al Quran
2. Halaqah tarbawiyah
3. Pramuka SIT
4. Jurnalistik
5. Olah raga
6. Kepesantrenan
7. Club Bahasa
8. Muhadharah 3 bahasa


TAKHASUS AL-QUR'AN


Takhasus Al-Qur'an adalah sebuah program unggulan yang mendidik siswa/i dalam menghafal Al-Qur'an dengan target 30 juz/3 tahun. Para peserta ditempatkan di asrama khusus dengan kurikulum terpadu yang mendukung pencapaian target lulusan hafizh/ah yang berkualitas. Program ini diasuh oleh para huffazh yang kompeten di bidangnya.


Syarat Program Takhasus:

1. Pernyataan kesediaan dari calon siswa dan orang tua
2. Kemauan kuat untuk menghafal Al-Qur'an
3. Siap tinggal di asrama dan mengikuti semua aturan yang ditetapkan
4. Lulus tes tilawah Al-Qur'an sesuai standar tajwid
5. Lulus uji menghafal


Pengajar Kelas Takhasus:

1. Slamet Setiawan, SHI (hafal 30 juz)
2. Guskarim, SHI (hafal 30 juz)
3. Ikhwanul Fikri (hafal 30 juz)
4. Ria Anbiya Sari, SHI (hafal 30 juz)
5. dan asatidzah lainnya


FASILITAS


1. Gedung sekolah yang nyaman
2. Aula
3. Lab. IPA
4. Lab. Komputer
5. Perpustakaan
6. Asrama putra & putri
7. Masjid putra & putri
8. Asrama takhasus Tahfizh Al Quran
9. Lapangan olah raga
10. Dapur umum
11. Koperasi siswa
12. Kamar mandi/WC