Apakah Shalatmu Sudah Khusyuk?

7 April 2023 – Kegiatan hari ini adalah lanjutan dari rangkaian kegiatan Sanlat Ramadan murid-murid SMPIT Baitul Muslim yang telah diadakan sejak kemarin (06/04). Kegiatan di hari kedua ini dimulai sejak pukul 07.30, semua siswa dan siswi melaksanakan salat duha, pembacaan al-matsurat, dan asmaul husna bersama. Seluruh siswa melaksanakan di aula lantai 3 gedung sekolah, sedangkan seluruh siswi diadakan di masjid sekolah. 


Setelah melakukan rutinitas tersebut, seluruh siswa dan siswi bersiap mendengarkan materi Sanlat Ramadan yang kedua yaitu tentang Pelatihan Salat khusyuk. Pelaksanaannya dilakukan di dua tempat, untuk yang ikhwan/putra dilaksanakan di aula lantai 3 gedung sekolah dan untuk yang akhwat/putri dilaksanakan di masjid sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan pukul 08.00 WIB, pembicara yang ikhwan adalah Ustad Slamet Widodo. Pemandu atau yang mengatur berjalannya kegiatan ini adalah Danis Ramadhan selaku moderator acara tersebut. Kutipan materi yang disampaikan ustad slamet yaitu “Mencari keberuntungan adalah dengan salat yang khusyuk, maka akan mendapatkan kebahagiaan yang haqiqi di dunia maupun di akhirat”. Selain pemaparan materi, ada juga praktek salat yang benar sesuai arahan Ustad Slamet. Seluruh ikhwan menyimak kegiatan ini dengan khidmat dan antusias hingga pukul 09.30 WIB.


Pembicara yang akhwat adalah Ustazah Siti Istinganah dan moderatornya Ustazah Mar’atul Fauziyah. Pada penyampaian materinya Ustazah Siti Istinganah mengatakan bahwa salat adalah baian terpenting dalam islam yaitu sebagai pondasi atau batu bata pertama dalam bangunan rukun islam. Selain penyampaian materi, adapula praktik salat dan wudu dari salah dua akhwat yang hadir yaitu Putri dan Oky. Setelah Putri meragakan gerakan salatnya, Ustazah Siti Istinganah memberikan masukan dalam gerakan rukuk seharusnya dilakukan benar-benar 90 derajat dengan tangan di lutut bukan di bawah lutut. Selanjutnya pemutaran video terkait gerakan salat yang tidak sempurna. Berdasarkan video yang diputar, imam membaca surat Al-Quran dilakukan dengan tergesa-gesa dan gerakannya tidak tu’maninah (ada jeda dari gerakan salat satu ke gerakan selanjutnya).


Pada pukul 10.00 WIB dilanjutkan dengan kegiatan ISC (Islamic School Center) dalam bentuk berkelompok-kelompok dengan ustad dan ustazahnya sebagai pembinanya. Kegiatan ini dilakukan sampai pukul 11.00 WIB sampai waktu salat jumat datang. 

IMG-20230407-WA0122