Peringati Hari Batik, Siswa SMPIT Baitul Muslim Dikenalkan Sejarahnya

Senin, 2 Oktober 2023 – Seluruh siswa dan siswi melaksanakan upacara pada pukul 7 pagi. Namun hari ini ada yang berbeda yaitu semua peserta yang mengikuti upacara menggunakan baju batik. Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat, Ikhwan (putra) dilaksanakan di lapangan futsal sedangkan akhwat (putri) dilaksanakan di lapangan badminton. Upacara hari ini dilaksanakan secara serentak dengan dua pembina yang berbeda.


Pembina akhwat adalah Ruhoniah yang menyampaikan tentang sejarah mengapa hari batik ditetapkan pada tanggal 2 Oktober. Beliau menyampaikan bahwa, "Penetapan ini dilakukan dalam sidang ke-4 Komite antar Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak Benda tanggal 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Kemudian ditetapkan oleh Presiden ke-6 yaitu Susilo Bambang Yudhoyono dengan harapan bangsa Indonesia semakin cinta dan bangga dengan budaya sendiri." 


Setelah kegiatan upacara selesai dilanjutkan almatsurat bersama dan salat duha oleh seluruh peserta upacara sebelum masuk kegiatan belajar mengajar mulai.